Penulis

Seorang penulis bisa memaknai semua peristiwa dengan sudut pandang yang berbeda. Kemudian saat menyampaikannya dalam sebuah cerita, mungkin bagi beberapa pembaca menangkapnya sebagai sesuatu yang bisa diambil hikmahnya. Mungkin bagi pembaca lain hanya merupakan cerita ringan biasa. Atau bagi orang-orang yang mungkin terlibat di dalamnya, itu dianggap seperti sebuah mengungkit cerita lama.

Ada istilah mengatakan bahwa jangan sekali-kali membuat seorang penulis sakit hati. Karena kau akan abadi dalam karya-karyanya. Namun alih-alih dengan sakit hati, hal-hal yang membuat senang hati pun juga akan ditulisnya. Intinya segala yang berhubungan dengan hati (rasa) pasti akan tertuang dari tangan seorang penulis.

penulis

Peristiwa nyata, atau hanya rekayasa dapat diolah dalam fragmen yang berbeda dari aslinya. Bisa jadi saat terlibat dalam suatu peristiwa kemudian memunculkan ide dan dituangkan dalam bentuk cerita ringan saja. Atau bisa jadi sebuah cerita yang direkayasa hingga seolah-olah memang terjadi.

Jadi bila suatu kali membaca sebuah cerita seperti yang pernah dialami, jangan cepat-cepat memberi komentar atau mengklaim bahwa itu kisah pribadi. Ada banyak hal sama yang bisa saja terjadi pada orang yang berbeda. Atau bahwa cerita yang ditulisnya ternyata hanya sebuah cerita rekayasa belaka yang kebetulan memiliki latar, tokoh, dan nama yang sama. Who knows?

Leave a Reply