MOTIF DEDAUNAN DI ATAS KAIN ELEGAN

Bosan dengan motif kain yang ada di pasaran? Mengapa tidak mencoba untuk membuat motif sendiri?  Salah satu teknik membuat motif diatas kain polos yang mulai merebak lagi yaitu teknik ecoprint, setelah sebelumnya ada teknik lukis kain.

Teknik ecoprint adalah salah satu teknik membuat motif pada selembar kain polos dengan menggunakan bentuk dan warna dedaunan (tumbuhan) alami.

Teknik ini sebenarnya sudah lama ditemukan, hanya saja tidak sepopuler batik dan yang lain. Namun seiring dengan perkembangan fashion, teknik ini mulai dilirik lagi karena proses pembuatannya yang sederhana dan yang pasti ramah lingkungan.

motif

Proses dan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun sangatlah mudah didapat. 

Dedaunan atau bunga berbagai bentuk (direndam dahulu dalam larutan cuka agar zat warna daun dapat keluar dengan maksimal) ditata diatas kain bersih yang telah dicuci dengan detergen bebas pemutih kemudian gulung kain tersebut dan diikat. Selanjutnya kukus dalam panci selama 2 jam.

Keunikan kain dengan teknik ecoprint ini adalah hasilnya yang tidak dapat diprediksi. Para perajin ecoprint mengatakan bahwa setiap kali membuka gulungan kain adalah suatu surprise tersendiri. Hasilnya sangat elegan. Cantik dan yang pasti tidak ada yang menyamai motifnya.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kain yang digunakan sebaiknya adalah kain yang berasal dari serat alami seperti mori, katun atau sutera, dan direndam dalam air tawas terlebih dahulu agar warna yang dihasilkan nantinya lebih awet.

Setelah jadi, kain bermotif tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Tas, topi, bahkan pakaian. Yang pasti akan menjadi tampilan fashion yang elegan karena memiliki motif yang unik dan cantik. Yuk, dicoba!***

Leave a Reply