SAYUR BOROS YANG TAK BIKIN KANTONG BOROS

Ada yang pernah tahu sayur boros? Sayur boros adalah julukan untuk daun temu kunci yang masih muda, masih kuncup dan menggulung. Temu kunci adalah salah satu tanaman rempah yang umbinya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu (biasanya untuk memasak sayur bening bayam) dan sebagai obat herbal (untuk obat batuk, sakit gigi, dll)

Rimpang temu kunci berwarna kuning terang dan bentuknya bulat memanjang seperti akar berdiameter sekitar 1/2-1 cm dan beraroma kuat. Karena bentuknya mirip jari, dalam bahasa Inggris rimpang temu kunci ini disebut fingerroot. 

Kembali ke daun boros, ya.

Daun boros ini ternyata bisa diolah untuk berbagai masakan. Beberapa olahan yang bisa dibuat dengan daun ini adalah sayur lodeh boros, ikan asin peda boros, orak-arik boros, oblok-oblok boros, dan masih banyak lagi.

Biasanya dijual dalam ikatan. Satu ikat kecil berisi sekitar 10 batang, lalu disatukan dalam satu ikatan yang lebih besar berisi 4-5 ikatan kecil. Harganya cukup murah. Untuk satu ikat besar itu hanya sekitar 3-4 ribu rupiah. Tak boros di kantong, kan?

Bagian yang diolah adalah bagian daun dalam yang berwarna hijau dan ujungnya yang berupa umbi kecil. Jadi daun luar yang berwarna merah itu dibuang dahulu hingga sampai di bagian daun yang muda. Untuk yang belum pernah mencoba, rasanya memang agak aneh. Tapi jangan salah, begitu mencicipinya bisa bikin boros nasi. Hmmm….***

sayur boros

Leave a Reply