KREASI CANTIK DARI SENDOK PLASTIK

Berawal dari banyaknya sendok plastik hasil kiriman nasi kotak dari kerabat atau teman yang punya hajatan. Tak terasa sendok plastiknya mulai menumpuk. Untuk membuangnya langsung rasanya berdosa banget.

Secara saya berusaha untuk mengurangi sampah plastik semampunya. Turut prihatin dengan semakin banyaknya sampah plastik yang berserakan di bumi. Salah satu jenis sampah yang sangat susah terurai ini.

Kebetulan saya suka membuat kreasi terutama dari barang bekas. Tercetuslah ide untuk memanfaatkan barang plastik tersebut. 

Banyaknya sendok plastik yang terkumpul didominasi oleh warna hijau. Dalam benak saya timbul imajinasi untuk membuat seekor burung. Ya, burung  merak yang sedang mekar.

Nah, sendok itu yang akan saya pakai sebagai bulunya. Selain itu saya juga butuh botol kosong untuk badannya. Semua bahan sangat mudah didapatkan. Dan setelah melalui serangkaian proses, inilah hasilnya…

sendok
beautiful peacock from plastic spoon by Susan T

Cantik bukan?

Bahan yang saya pakai untuk membuat seekor burung merak itu semuanya dari barang bekas. Terpakai 75 buah sendok plastik sebagai bulunya. Coba bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat plastik terurai.

Sungguh lebih berguna memanfaatkan sampah yang ada menjadi sesuatu yang baru daripada dibuang begitu saja. Yang pastinya bisa mengurangi sampah plastik di bumi. Bahkan dari barang bekas bisa dijadikan hiasan rumah. Cantik, unik, dan pastinya go green.***

Leave a Reply