SI MANIS LEGIT KALA DIGIGIT

Pisang, salah satu buah dengan jenis beragam. Banyak olahan manis yang menggunakan buah ini sebagai pelengkapnya. Mulai dari kolak, es, cake, gethuk, bahkan hanya dengan direbus atau digoreng saja sudah manis dan nikmat.

Salah satu jenis olahan yang digoreng adalah karamel. Makanan manis berbentuk lonjong dan panjang. Mirip seperti lumpia tapi lebih panjang. Isinya adalah potongan pisang.

Digoreng sehingga menghasilkan kulit yang krispi dan ada gula yang lumer. Lumeran gula itulah yang membuat namanya menjadi pisang karamel.

Untuk penggemar makanan ini, cara membuatnya pun cukup mudah. Kulit luarnya bisa dibikin sendiri. Larutkan campuran tepung terigu, tepung beras dan putih telur. Lalu dimasak diatas teflon dengan api kecil.

Tapi bila tidak suka ribet, bisa diganti dengan kulit lumpia yang banyak dijual. Untuk pisangnya yang biasa dipakai adalah jenis raja atau raja nangka.

Ada dua versi pembuatan pisang karamel ini. Yang pertama gula yang sudah dicairkan menjadi karamel ini bisa dimasukkan sebagai isian bersama pisang.

Yang kedua, bisa juga dibuat sebagai toping setelah selesai digoreng. Tergantung selera penikmatnya. Keduanya sama enaknya. Apalagi dinikmati selagi hangat. Masih terasa kriuknya. Hmmm….

MANIS

Leave a Reply